**SUKSESKAN HARI PRAMUKA KE 57 TINGKAT KWARDA JAWA TENGAH DI BUPER MARTOLOYO, SUNIARSIH BOJONG 21 SEPTEMBER 2018** PERANSAKA VII KWARDA JATENG 16-21 SEPTEMBER 2018 DI BUPER SUNIARSIH** ESTAFET TUNAS KELAPA KE 34** Pramuka Perekat NKRI**8

Senin, 17 April 2017

Penilaian Kwartir Cabang Tergiat di Tegal

SLAWI – Penilaian kwartir cabang tergiat yang dibarengi dengan pembinaan oleh Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Tengah di kabupaten/kota se Jawa Tengah merupakan agenda rutin tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan kegiatan Kwartir Cabang Pramuka.

Ketua Kwarda Jawa Tengah Prof Ir S Budi Prayitno melalui Ketua Tim Penilai Lomba Kwartir, Drs Agus Widiyanto mengatakan, Lomba kwartir sebenarnya hanyalah sebuah alat untuk mencapai tujuan, yaitu meningkatkan kinerja dan kegiatan Kwartir Cabang di Jawa Tengah.

“Sebenarnya lomba ini adalah pembinaan dan peningkatan semangat, kemampuan dan prestasi kerja tiap kwartir cabang sebagai upaya meningkatkan mutu peserta didik di Jawa Tengah khususnya dan Gerakan Pramuka pada umumnya,” kata Agus Widiyanto saat menilai kinerja Kwarcab Tegal di Sanggar Pramuka, Minggu (16/4) kemarin.

Menurut Catatan Kwarda, lanjut Agus, pada lomba kwartir tahun 2016, hasil yang dicapai Kwarcab Tegal sebagian besar bidang sudah berada di papan atas. Bahkan, ada yang mencapai tergiat II di bidang Humas Abdimas, Bidang Binawa dan Keuangan Sarpras berada di rangking 7, bidang Binamuda di rangking 10 dan bidang Organisasi Hukum di rangking 11.

“Terimakasih atas usaha kerasnya berada dipapan atas. Diharapkan pada tahun ini (2017) tetap dapat dipertahankan, bahkan meningkat ke rangking yang lebih tinggi,” harapnya.

Dia melanjutkan, Kwarda Jawa Tengah selalu berusaha menyempurnakan pelaksanaan Lomba Kwartir ini yakni dengan memperbaiki sistem penilaian, materi dan tata cara penilaian agar lebih objektif, transparan dan mencakup keseluruhan naspek penyelenggaraan kegiatan Kepramukaan di Kwartir Cabang.

“Tahap awal Kwarcab mengisi instrumen penilaian layaknya portofolio sederhana. Dan tahap kedua, Tim Penilai melakukan kunjungan on the spot seperti saat sekarang (Minggu-red), untuk melihat secara langsung dokumen-dokumen kegiatan, pengerjaannya, kelengkapan dan lainnya sesuai isian instrumen,” ungkapnya

Wakil Ketua Kwarcab Tegal Bidang Organisasi Hukum, Drs Agus Subagyo,MM mewakili Ketua Kwartir Cabang Tegal, Widodo Joko Mulyono menuturkan, hasil evaluasi dan masukan dari tim kwarda akan menjadi bahan kwarcab untuk meningkatkan kualitas kegiatan menjadi lebih baik.

Dirinya mengaku optimistis sejumlah bidang bakal meraih tergiat. Pasalnya pada tahun 2016 lalu, banyak prestasi yang ditorehkan Kwartir Cabang Tegal diantaranya SD Kesuben lolos ISC Nasional, tergiat II Putri dan Juara III putra Eagle Scout Award Penggalang tingkat Jateng.

“Untuk lomba kwartir meraih 2016, Kwarcab Tegal tergiat II Humas Abdimas, dimana pada empat tahun berturut-turut 2012, 2013, 2014, 2015 berada di peringkat satu,” pungkasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar