**KELUARGA BESAR KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA TEGAL MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PRAMUKA KE 56** Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa**8

Senin, 31 Agustus 2015

Ragam Permainan Tradisional Meriahkan Jambore Pramuka



SLAWI - Ajang Jambore Pramuka Penggalang Kwartir Ranting Slawi berlangsung meriah. Kegiatan yang dihelat selama tiga hari yakni 28-30 Agustus 2015 di Bumi Perkemahan Desa Dukuhwringin, Slawi diisi dengan berbagai kegiatan. Menariknya, perkemahan Pramuka tersebut, turut disemarakan dengan ragam permainan tradisional daerah setempat. Diantaranya tarik tambang, estafet tepung dan estafet air.

Sabtu, 29 Agustus 2015

Mabiran Slawi Tanam Pohon



SLAWI - Camat Slawi, Abuseri SIP selaku Ketua Mabiran bersama jajaran Mabiran setempat melakukan penanaman pohon di area lapangan Desa Dukuhwringin Kecamatan Slawi, Jum’at (28/8/2015). Jenis pohon yang ditanam diantaranya mangga dan sebagainya.

Senin, 24 Agustus 2015

Pramuka Penegak Garuda Tegal Juara 2 "Eagle Scout Award" Jateng 2015



SLAWI - Pramuka Penegak Garuda Putra Kwarcab Tegal,  Moh Khoirul Padli mampu menunjukan kualitas dan kecakapannya, pada kegiatan yang diselenggarakan Kwarda 11 Jawa Tengah. Setelah melalui seleksi dan penilaian ketat, Padli mengukuhkan dirinya menjadi Juara 2 pada ajang Pemilihan Pramuka Garuda Berprestasi "Eagle Scout Award" tingkat Kwarda Jawa Tengah tahun 2015 yang digelar tanggal 21-23 Agustus 2015 lalu di Bumi Perkemahan Karanggeneng Semarang.

Sabtu, 22 Agustus 2015

Camat Dukuhwaru : Jambore Pramuka Tumbuhkan Rasa Kebangsaan



DUKUHWARU - Pertemuan besar Pramuka Penggalang dalam bentuk Perkemahan Jambore tingkat Kwartir Ranting Kwarran Dukuhwaru digelar dilapangan Sepakbola Kecamatan Dukuhwaru. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Camat Dukuhwaru, Dra Noor Alina Agustini selaku Ketua Mabiran Pramuka Dukuhwaru, Kamis (20/8) lalu.

Jumat, 21 Agustus 2015

2650 Penggalang SD/MI Ikuti Jambore Bumijawa



BUMIJAWA – Sebanyak 2650 Pramuka Penggalang SD/MI se Kecamatan Bumijawa mengikuti Jambore Penggalang SD/MI tingkat Kwarran Bumijawa di lapangan sepakbola Bumijawa. Jambore berlangsung selama 3 (tiga) hari sejak Minggu (16/8) dan berakhir Selasa (18/8) kemarin.

Senin, 17 Agustus 2015

Sari Sekar, Penggalang Garuda Tegal Terima Lencana Teladan Nasional



SLAWI – Pramuka Penggalang Garuda Kwarcab Tegal, Sari Sekar Ayu mendapatkan tanda kehormatan berupa Penghargaan Lencana Teladan dari Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka dalam peringatan Hari Pramuka Ke-54 tingkat Nasional. Penghargaan diserahkan Presiden Joko Widodo selaku Ketua Mabinas di Bumi Perkemahan dan Taman Wisata Cibubur Jakarta pada 16 Agustus 2015.

Sabtu, 15 Agustus 2015

13 Penegak Raih Predikat Pramuka Garuda



SLAWI - Sebanyak 13 Penegak Kwarcab Tegal meraih predikat Pramuka Garuda yang merupakan penghargaan tertinggi anggota muda Gerakan Pramuka. Pengukuhan dan penyematan dilakukan oleh Ketua Kwarcab Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR bersamaan dengan malam Tasyakuran Hari Pramuka ke 54 tingkat Kwartir Cabang Tegal pada Kamis (13/8) di Sanggar Pramuka Kwarcab Tegal.

Sekretaris Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda) Kwarcab Tegal, Suharjo, S.Pd mengatakan penghargaan Pramuka Garuda yang diberikan kepada tiga belas Pramuka golongan Penegak berdasarkan SK Kwartir Cabang Tegal Nomor 13 Tahun 2015.

"Penghargaan tertinggi Pramuka Penegak ini diberikan kepada 13 peserta didik (Pesdik) berasal dari Gudep SMA 1 Slawi sebanyak 10 penegak dan SMA 1 Pagerbarang sebanyak 3 penegak,” ujarnya.

Dikatakannya, sebelumnya 13 orang Pramuka Penegak tersebut telah menjalani seleksi yang dilakukan tim penilai Kwarcab Tegal pada tanggal 10 Agustus 2015 dan dinyatakan memenuhi persyaratan untuk dikukuhkan menjadi Pramuka Penegak Garuda.

“Penegak Garuda yang dikukuhkan didominasi oleh Penegak Putra yakni sebanyak 9 orang dan sisanya putri sebanyak 4 orang. Dua terbaik nantinya akan mewakili Kwarcab Tegal pada ajang Pramuka Garuda Award tingkat Jawa Tengah,” imbuhnya 

Sementara itu, Ketua Kwarcab Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR mengatakan penghargaan Pramuka Garuda dimaksudkan untuk memacu peserta didik yang telah dengan tekun mengikuti kegiatan Kepramukaan. “Dengan adanya penghargaan Garuda ini, diharapkan akan merangsang peserta didik lain untuk meraihnya,” pungkasnya. (Admin)

Jumat, 14 Agustus 2015

Doras Harpam 54, Kumpulkan 33 Kantung Darah

Slawi – Dalam rangka memperingati Hari Hari Pramuka ke 54 tahun 2015, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal bekerjasama dengan Saka Bakti Husada Jatinegara dan Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Tegal menggelar aksi donor darah sukarela (Doras) di Pendopo balai Desa Dukuhbangsa, Jatinegara, Kamis (13/8/2015) kemarin.

Pb Humas Kwarcab Tegal, Nurkhasan mengatakan aksi donor darah diikuti anggota Pramuka dewasa / pembina, Pramuka Penegak, anggota Saka Bakti Huasa dan sejumlah masyarakat umum.

"Aksi ini merupakan kegiatan Pramuka Peduli yang rutin kita gelar setiap momentum Hari Pramuka tahun 2015. Dari target 50 kantung, Alhamdulillah mampu terkumpul 33 kantung darah," katanya Dia menambahkan, meski tidak mencapai target yang ditentukan, aksi donor kali ini diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan darah masyarakat yang membutuhkan. "Alhamdulillah aksi berjalan sukses. Kami atas nama panitia dan Kwartir Cabang menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya kegiatan ini," imbuhnya

Ketua Kwartir Cabang Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono M.Kes MM melalui Wakil Ketua Bidang Abdimas Humas, Dra H Waudin MSi menuturkan kegiatan donor darah sangat positif dan besar manfaatnya bagi masyarakat, sehingga kegiatan kepedulian ini menjadi agenda rutin Kwartir Cabang.

"Aksi ini merupakan agenda rutin dari Kwartir Cabang saat momentum Hari Pramuka maupun Hari baden powel," tegasnya

Sementara Wakil Ketua PMI Kabupaten Tegal, dr Bimo Bayuadji menyambut baik aksi donor darah yang digelar oleh Kwartir Cabang Tegal yang menggandeng UDD PMI Kabupaten Tegal.

"Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kwarcab atas upaya Kwarcab Tegal menggelar aksi donor ini. Mudah - mudahan kegiatan semacam ini, bisa menjadi agenda rutin pramuka," tuturnya.

Dikatakannya, dengan adanya aksi donor darah ini, dapat membantu mencukupi persediaan dan stok darah di UDD PMI Kabupaten Tegal. "Pihak UDD merasa terbantu, dengan adanya aksi doras ini otomatis menambah stok darah di UDD PMI," ungkapnya. (Admin)

Sabtu, 01 Agustus 2015

Pramuka Peduli Kwarcab Tegal Droping Air Bersih



SLAWI - Sebagai bentuk kepedulian atas musibah kekeringan yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Tegal, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal menyalurkan bantuan air bersih untuk 2 (dua) desa Kecamatan Suradadi dalam Aksi Pramuka peduli.


Syawalan, Kwarcab Gelar Halal Bihalal

SLAWI – Dalam rangka syawalan Idul Fitri 1436 Hijriyah, keluarga besar Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal menggelar Halal Bihalal, Jum’at (31/7) di Pendopo Sanggar Pramuka setempat. Kegiatan dihadiri anggota Mabicab Tegal, Pengurus Kwarcab, Pimpinan SAKA tingkat Cabang dan Pengurus Kwartir Ranting se Kabupaten Tegal. 


Kontingen Jamda XIV Dilepas

SLAWI – Kontingen Penggalang Kwarcab Tegal untuk Jambore Daerah XIV Jawa Tengah tahun 2015 direncanakan dilepas oleh Ketua Kwartir Cabang Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR, Jum’at (31/7) di Sanggar Pramuka Kwarcab Tegal.